Selasa, 17 Juli 2012

Merawat Ikan Mas Koki


      para Hobbies, sekarang saya akan sharing mengenai bagaimana cara merawat ikan koki yang baik dan benar, mungkin banyak rumor dimasyarakat bahwa merawat jenis ikan mas koki sulit dan mudah mati, tetapi jangan khawatir solusi untuk masalah itu ada dibawah ini, dengan tips-tips dibawah ini mudah-mudahan menjadi tips dan memperbanyak jumlah hobbies ikan koki di Indonesia bahkan didunia hobi ikan koki, dan semakin baik kualitasnya.
      baiklah saya jelaskan dibawah ini mengenai kunci keberhasilan penghobi memelihara ikan koki nya bertahun – tahun, hingga berkembang dengan baik, bahkan koleksi nya malah bertambah terus. Dan bahkan selalu mengikutkan ikannya ke ajang kontes ikan koki dinegaranya berada

Kuncinya dalam perawatan ikan koki adalah Pakan, air,dan suhu, ketiga faktor itu sangat sensitif terhadap jenis ikan mas koki, maka harus dan wajib diperhatikan, jika penasaran baca terus sampai habis dibawah ini ya artikel nya.
1. Pakan ikan
      Para hobbies sekalian tahu kan ikan koki itu lahap sekali makan, bukan berarti hal itu bagus, akan tetapi justru hal itu yang perlu kita waspadai, karena dari pakan itu ikan kita bisa terserang penyakit mulai white spot, hole in the head, fin rot. penyakit-penyakit itu kan yang bisa menyebabkan kematian ikan koki. Sarannya adalah kita harus selektif memberi pakan mulai dari jenis pakan, pengelolaan pakan, pemberian pakan, hingga pasca selesai makan. kita lihat pakan yang cocok untuk usia ikan koki tersebut apa, misal apakah sudah bisa diberi cacing, apakah sudah bisa diberi pelet, khusus untuk pemberian pakan hidup seperti cacing, cobalah dibersihkan dahulu dari kotoran-kotoran hitam/lumpur yang menempel pada cacing tersebut, dan dialiri air bersih, dan bila perlu sebelum dimasukan ke media ikan koki rendam beberapa menit di larutan methylene blue. Setelah itu masukkan ke kolam sekitar 1 atau 2 jam itu menurut versi saya, jika tersisa angkat saja dan lakukan pengelolaan seperti sebelumnya ( yang terpenting dialiri air, kecil alirannya tidak apa-apa, yang terpenting ada pergantian air), ada juga pelet, pakan ini lebih simple pemberiannya dan tidak mudah mencemari air, dan tidak mudah membawa penyakit, akan tetapi untuk pertumbuhan ikan kurang maksimal.
2. Air
      ini faktor kedua yang berpengaruh juga terhadap pertumbuhan dan kesehatan jenis ikan mas koki, yang perlu diperhatikan adalah dgn PH sekitar 7 – 7,5 . Ketika berada direntang tadi maka ikan bisa saja dapat sakit bahkan mati. Dan diperlukan juga keseringan pergantian air, terutama bagi yang sering memberi pakan. Biasanya setelah pemberian pakan ikan akan mengeluarkan kotoran, dan kotoran itu mengeluarkan amoniak yang dapat meracuni ikan, maka alangkah baiknya setelah beberapa jam setelah pemberian pakan, kolam diganti airnya 30 – 50 %, dan maksimal 80%. Jika hanya diberi pakan sedikit sampai menengah maka cukup diganti seminggu 2 kali. Lebih sering lebih baik. Dengan seringnya mengganti air, maka ikan akan lebih baik pertumbuhannya.
3. Suhu
      Suhu yang baik untuk ikan koki adalah sekitar 24 sampai 28 derajat celscius, hati-hati jika suhu diluar rentang itu, maka ikan akan mudah terserang penyakit, seperti white spot, insang dan lain – lain. Salah satu cara mensiasati itu ketika suhu turun drastis, maka kolam ikan buat dangkal saja, biasanya 30 cm. dan ketika suhu panas buat agak dalam biasanya 50-100 cm 
Demikian info mengenai cara merawat jenis ikan mas koki, sumber artikel from here care of goldfish .

2 komentar: