Rabu, 09 Januari 2013

Jenis-jenis Ikan Gurame



Gurame (Osphronemus goramy) adalah sejenis ikan air tawar yang cukup populer dan disukai sebagai ikan konsumsi di wilyah Asia Tenggara dan Asia Selatan. Ikan gurami berasal dari perairan daerah Sunda (Jawa Barat, Indonesia), dan menyebar ke Malaysia, Thailands, Ceylon dan Australia. Pertumbuhan ikan gurame agak lambat dibanding ikan air tawar jenis lain. Di Indonesia, orang Jawa menyebutnya gurami, Gurameh, orang Sumatra ikan kalau, kala, kalui, sedangkan di Kalimantan disebut Kalui. Orang Inggris menyebutnya “Giant Gouramy”, karena ukurannya yang besar sampai mencapai berat 5 kg.
Bentuk badan ikan Gurame pipih lebar, bagian punggung berwarna merah sawo dan bagian perut berwarna kekuningkuningan/keperak-perakan. Ikan gurame merupakan keluarga Anabantidae, keturunan Helostoma dan bangsa Labyrinthici. Panjang tubuh (SL, standard length[2]) 2,0-2,1 kali tinggi tubuh; panjang tubuh total (dengan sirip ekor) bisa mencapai 1.000 mm. Sirip perut dengan jari-jari pertama yang pendek berupa duri dan jari-jari kedua yang lentur panjang serupa cambuk.

Jenis ikan gurame yang dikenal masyarakat ada 6 yaitu:
1)      Gurame angsa (soang) : badan relatif panjang, sisik relatif lebar. Ukuran yang bisa dicapainya berat 8 kg, panjang 65 cm.
2)      2) Gurame Jepang (Jepun) : badan relatif pendek dan sisik lebih kecil. Ukuran yang dicapai hanya 45 cm dengan berat kurang dari 4,5 kg.
3)      Gurame Blausafir
4)       Gurame Paris
5)       Gurame Bastar
6)       Gurame Porselen
Empat terakhir banyak dikembangkan di Jawa Barat, khususnya Bogor. Dibanding gurame jenis lain, porselen lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir. Karena itu masyarakat menyebutnya sebagai top of the pop, dan paling banyak diunggulkan. Kalau dilihat dari warnanya terdapat gurame hitam, putih dan belang.

Untuk membedakan induk jantan dan betina bisa dilihat dari ciri-ciri sebagai berikut:
1)      Induk betina
Ikan betina mempunyai dasar sirip dada yang gelap atau berwarna kehitaman, warna dagu ikan betina keputih-putihan atau sedikit coklat, jika diletakkan di lantai maka ikan betina tidak menunjukan reaksi apa-apa. Warna badan terang, Perut membulat dan badan relatif panjang.
2)      Induk jantan
Ikan jantan mempunyai dasar sirip berwarna terang atau keputih-putihan, mempunyai dagu yang berwarna kuning, lebih tebal daripada betina dan menjulur. Induk jantan apabila diletakkan pada lantai atau tanah akan menunjukan reaksinya dengan cara mengangkat pangkal sirip ekornya ke atas

sumber: http://siroychery.blogspot.com/2011/03/jenis-jenis-ikan-gurame.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar