Rabu, 09 Januari 2013

Sejuta Manfaat Donor Darah bagi Tubuh



BANYAK orang yang takut mendonorkan darahnya. Namun demikian, terdapat sejuta manfaat dari donor darah untuk tubuh. Apa saja?

Tak sedikit orang yang takut dengan donor darah. Pasalnya, suntikan yang masuk pada lipatan tangan ini menimbulkan rasa sakit. Namun, manfaat dari donor darah jauh lebih besar dibandingkan rasa sakit dari jarum suntik.

Berikut manfaat donor darah, sebagaimana dilansir Boldsky, Rabu (9/1/2013).

Menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh

Salah satu manfaat kesehatan donor darah adalah menyeimbangkan kadar zat besi di dalam tubuh. Menurut penelitian, banyak orang yang mengonsumsi sayuran dan buahan untuk menyeimbangkan zat besi tubuh mereka. Namun dengan donor darah, zat besi dalam tubuh akan seimbang.

Mengurangi risiko kanker

Beberapa medis melakukan penelitian terkait donor darah. Hasilnya, dengan donor darah, tingkat zat besi dalam tubuh mengurangi perkembangan gejala kanker. Selain itu, kanker usus besar, paru-paru, hati, dan kanker tenggorokan dapat terhindar dengan kita malakukan donor danar.

Mengurangi kolesterol

Sel darah dalam tubuh mengandung kolesterol. Kolesterol baik dan buruk terdapat di dalam sel darah merah. Salah satu manfaat donor darah adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Mengontrol tekanan darah tinggi
Ini merupakan salah satu manfaat donor darah yang paling penting untuk kesehatan tubuh kita. Pasalnya, jika menyumbangkan darah, volume darah menjadi seimbang. Hal ini dapat mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, apalagi yang Anda takutkan untuk berdonor darah?
(tty)

sumber : http://health.okezone.com/read/2013/01/09/486/743641/sejuta-manfaat-donor-darah-bagi-tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar