Senin, 24 September 2012

Sejuta Manfaat Yang Terdapat Pada Pohon


Penting untuk kamu ketahui bahwa pepohonan yang sering kamu jumpai disekitar kamu itu banyak sekalimanfaat nya. Di antaranya ;

·         sebatang pohon dapat menghasilkan oksigen 1,2 kg per hari, sementara satu orang bernafas memerlukan 0,5 kg oksigen per hari. Jadi satu pohon dapat menunjang kehidupan dua orang per harinya dan jika kalian menebang satu pohon di kota berarti kamu sama saja telah mengurangi kesempatan bernafas dua orang warga. dan sebaliknya pohon juga dapat menyerap CO2 (Karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna untuk kehidupan manusia.

·         membuat teduh dan sejuk lingkungan sekitarnya, bayangkan jika dilingkungan rumah kalian tidak mempunyai pepohonan sama sekali. Waaah..pasti bayangan kalian sama dengan apa yang saya bayangkan. karena struktur bangunan tanpa diimbangi dengan pohon-pohon akan terasa gersang, sebaliknya bila sekitarnya ditanam pohon serta ditata dengan baik akan nampak hijau dan asri.

·         menyerap panas delapan kali lebih banyak, Dengan banyaknya pohon akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara di sekitarnya menjadi sejuk dan nyaman. Jadi secara klimatologis kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.

·         Tanaman-tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian banyaknya kelompok pohon-pohon baik besar maupun kecil akan menjadikan daerah tersebut sebagai daerah persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.

·         Sebagai tempat hidup binatang. Di lingkungan yang penuh dengan pohon-pohon, secara alami satwa - satwa yang ada disekitarnya dapat hidup dengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.

·         Akar pohon dapat menyerap air hujan yang turun langsung ke tanah sehingga tidak mengalir sia-sia. Kemudian mengikat air di pori tanah dan menjadikannya sebagai cadangan air di musim kemarau, sehingga ketersediaan air tanah secara berkesinambungan tetap terjaga dan menjadikan debit mata air, sungai dan danau tetap besar, serta tidak terjadi kekeringan pada musim kemarau dan pada musim penghujan bencana banjir tidak terjadi.

·         pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap teriknya sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara. Disamping juga melindungi mata dari cahaya matahari langsung.
·         Akar pohon dengan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah. Jadi menebang pohon terutama di daerah tangkapan air/konservasi seperti daerah pegunungan atau hutan tanpa upaya menanam kembali berarti sama saja dengan mengundang bencana erosi dan tanah longsor terutama pada musim penghujan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar